Marina Bay Part 1

by 3:30 PM 0 komentar
Teluk Marina atau Marina Bay ialah sebuah teluk dekat Central Area di daerah selatan Singapura dan berada di sebelah timur dari Downtown Core. Teluk Marina direncanakan menjadi tujuan 24 jam 7 hari seminggu dengan kemungkinan tanpa batas bagi pengunjungnya untuk "menjelajahi kehidupan baru, pilihan gaya hidup, bertukar pikiran dan informasi untuk usaha, dan dihibur dengan berbagai jenis rekreasi dan pengalaman budaya".Di sini terdapat berbagai fasilitas dan infrastruktur yang inovatif seperti "terowongan infrastruktur terpadu" dibangun dan aktivitas luar biasa mengambil tempat untuk tampil.
Gambar 1 Tampak Atas Marina Bay
Sumber: en.wikipedia.org

SEJARAH
Pada tahun 1970-an, reklamasi dilakukan di Teluk Marina, menjadi yang sekarang adalah daerah Marina Centre dan Marina South. Sewaktu proses reklamasi, daerah aliran sungai Telok Ayer hilang dari peta, sementara muara Sungai Singapura kemudian mengalir ke teluk bukan langsung ke laut. Tahun 2008, Marina Barrage dibangun, mengubah Teluk Marina dan daerah aliran sungai Kallang menjadi penampungan air tawar di pusat kota (Marina Reservoir), memberikan persediaan air, mengatur banjir, dan menjadi tempat atraksi baru.
Gambar 2 Marina Bay pada Pertengahan Tahun 1800-an
Sumber: travel.cnn.com
Gambar 3 Tahapan Reklamasi Marina Bay dari Tahun 1969
Sumber: timesofmylife.wordpress.com

MASTER PLAN MARINA BAY
Gambar 4 Masterplan Marina Bay
Sumber: www.marina-bay.sg
Gambar 5 Masterplan Marina Bay
Sumber: www.marina-bay.sg
Master Plan Teluk Marina menitikberatkan pada kegunaan campuran dari daerah ini, meliputi daerah komersial, pemukiman, hotel, dan hiburan untuk menjaga agar daerah ini tetap hidup sepanjang hari. Semua pengembang di daerah ini mempunyai sasaran promosi yaitu: Penjelajahan (Explore), Pertukaran (Exchange), dan Hiburan (Entertain):
Explore - Pilihan kehidupan yang baru. Banyak pengembang pemukiman sedang bersaing, termasuk One Shenton dan Marina Bay Residences yang akan melengkapi The Sail @ Marina Bay untuk menyajikan lingkungan tinggal dan kerja yang menyatu di jantung kota.
Gambar 6 The Sail @ Marina Bay
Sumber: www.thesail.com.sg
        Exchange - Pertemuan bisnis global. Jika selesai, Teluk Marina akan memiliki dua kali lipat luasan kantor untuk jasa keuangan yang ada saat ini, mendatang akan mengukuhkan Singapura sebagai salah satu pusat keuangan Asia terkemuka. Akan tersedia 2,82 juta meter persegi ruang kantor, setara dengan ruang perkantoran di pusat bisnis Hong Kong, yaitu Central.
Gambar 7 One Raffles Quay
Sumber: en.wikipedia.org
          Entertain - Pelengkap semua aktivitas. Tahun 2010 dengan dibukanya Marina Bay Sands Integrated Resort telah menyediakan lebih banyak pilihan hiburan di daerah ini, bersama-sama dengan tempat hiburan dan belanja yang sudah ada seperti Esplanade, Suntec City, Marina Square, Raffles City Shopping Centre.
Pemerintah Singapura juga menghabiskan S$35 juta atau sekitar Rp.2,275 triliun[3] untuk menyelesaikan tempat pejalan kaki sekeliling Teluk Marina (Waterfront Promenade) sepanjang 3,5 kilometer. Termasuk pusat wisatawan ramah lingkungan dan The Helix yang menghubungkan Bayfront ke Marina Centre tempat Youth Olympic Park terletak. The Promontory @ Marina Bay (dahulu lokasi Central Promontory) akan digunakan sebagai tempat acara sementara dan ruang publik untuk kegiatan seperti teater dan karnaval.
Gambar 8 Marina Bay Sands Integrated Resort    
Sumber: wall.alphacoders.com

PENGGUNAAN WATERFRONT
Gambar 9 Penggunaan Waterfront
Sumber: Singapore: Design Guidelines for an Urban Waterfront (1991)
Penggunakan waterfront yang disarankan dalam rangka mengembangkan potensi waterfront Marina Bay, meliputi:
1.    Museum maritim mengambang dianjurkan di Telok Ayer Basin untuk memisahkan pusat komersial dari CBD. Ini akan menjadi objek wisata menarik untuk pengunjung serta dapat dijadikan sebagai pusat pendidikan untuk mengajar masyarakat tentang waterfront di Singapura.
2.    Amfiteater waterfront dan 'panggung terapung' akan memfasilitasi konser outdoor dan bioskop dan membantu untuk mempromosikan penggunaan waterfront di waktu malam.
3.  Taksi air dan kapal sungai yang biasa disebut 'tongkang' dapat menyediakan akses ke area pengembangan waterfront lainnya. Lokasi ini juga harus mudah dicapai dari stasiun MRT Marina Bay.
4.   Transportasi air untuk kapal pesiar yang tidak dapat berlabuh di perairan dangkal teluk bisa ditampung.
5.    Kolam renang dan tempat mengapungkan perahu mainan yang aman direkomendasikan bagi anak-anak agar dapat dekat dengan tepi pantai dan terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan air.

6.    Air mancur dalam bebagai bentuk dan ukuran dapat dijadikan sebagai focal point atau kejutan yang menyenangkan di kawasan yang sepi. Hal ini dapat menegaskan tema air dari Marina Bay sekaligus sebagai perayaan pengguaan air di tempat ini.
Kegunaan yang berhubungan dengan air lainnya yang dapat dikembangkan adalah:
1.       Restoran mengambang
2.       Marina dan rumah perahu masyarakat
3.       Fasilitas untuk perahu dayung dan perahu baris
4.       Dermaga memancing
5.       Balapan perahu naga tahunan

KEGIATAN DI MARINA BAY
Peresmian Singapore Grand Prix diadakan pada 28 September 2008 di sirkuit jalanan di sisi Teluk Marina. Ini menjadi Grand Prix F1 yang pertama yang diadakan malam hari, dengan jalur seluruhnya diterangi lampu. Sejak awal mula, The Float@Marina Bay sudah menjadi tempat kegiatan seperti Parade Hari Kemerdekaan, acara memasuki tahun baru, Pesta Kembang Api Singapura, selain sebagai tempat memuaskan penggemar balapan di Grand Prix F1 Singapura. Stadion mengambang terbesar di dunia juga menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade Remaja Singapura 2010.
Gambar 10 Marina Bay Street Circuit H-2 Balapan Tahun 2008
Sumber: en.wikipedia.org
Gambar 11 Lokasi The Float@Marina Bay
Sumber: en.wikipedia.org
Gambar 12 Singapore's 42nd National Day Parade Diadakan di  The Float@Marina Bay
Sumber: en.wikipedia.org

INFRASTRUKTUR
           Terowongan Infrastruktur Terpadu
Singapura adalah negara Asia kedua setelah Jepang yang membangun sistem Terowongan Infrastruktur Terpadu (atau dalam istilah bahasa Inggris "common service tunnel") untuk menyatukan seluruh keperluan utilitas pembangunan dan pengembangan Teluk Marina. Jaringan itu meliputi, pipa air bersih, listrik, telekomunikasi, dan berbagai keperluan layanan bawah tanah. Terowongan ini tidak hanya meningkatkan keandalan pasokan layanan tapi juga memudahkan pemasangan dan pemeliharaan jaringan baru, juga terdapat layanan cadangan 100% untuk dikembangkan pada keperluan perubahan utilitas.
Gambar 13 Common Service Tunnel
Sumber: soonliheng.com.sg
            Pengelolaan Air
Pada 2004, Badan Layanan Masyarakat (Public Utilities Board) mengumumkan rencana pembangunan tempat cadangan air pusat kota dengan membenduk Kanal Marina. Pembangunan selesai pada 2008 dan dikenal sebagai Marina Barrage, ini mengubah Teluk Marina dan daerah aliran sungai Kallang menjadi tempat cadangan air tawar dengan membatasi transportasi laut dan mengatur kualitas air.
Tempat ini menjadi tempat cadangan bahan air minum untuk Singapura, juga menjadi tempat dengan permukaan air yang tenang untuk berbagai kegiatan dan aktivitas di atas air. Juga menjadi tempat penampungan air untuk menghindarkan daerah Chinatown banjir.
Gambar 14 Marina Barrage
Sumber: s3.amazonaws.com
            Transportasi
Terdapat 5 stasiun MRT yang melayani Teluk Marina: Stasiun MRT City Hall, Raffles Place, Marina Bay, Promenade dan Esplanade. Pada tahun 2020, Teluk Marina seluas 360 hektare akan menjadi pusat transportasi terpadu dengan jalur rel paling lengkap di Singapura.Tiga stasiun MRT akan dibuka antara tahun 2012 dan 2014. Tahun 2018 daerah Teluk Marina akan memiliki enam atau lebih stasiun MRT, semuanya berjarak kurang dari 5 menit antar stasiun. Jalur pejalan kaki yang terpadu termasuk dengan peneduh, tertutup, bawah tanah, penyeberangan dua tingkat akan menjamin pejalan kaki dari semua kondisi cuaca dan menghubungkan bangunan serta stasiun MRT.Di dalam Teluk Marina yang lebih luas, taksi air akan dilipat gandakan sebagai alternatif jenis transportasi.
Gambar 15 Public Transport & Pedestrian Access 
Sumber: marina-bay.sg

Gambar 16 Water Taxi Stop Map          
Sumber: marina-bay.sg



FYI tulisan ini dibuat sebagai bahan pembuatan laporan KKL Singapura. Aku yang kebagian membuat content untuk kawasan Marina Bay pun mengerjakan dengan bigini adanya sebelum menyerahkannya kepada Tim Buku yang berwenang mengedit dan melayout. 



Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar