by
3:30 PM
0
komentar
architecture
arsitektur
desain
design
marinabay
singapore
tourism
transportation
Travel
urbandesign
Teluk
Marina atau Marina Bay ialah sebuah teluk dekat Central Area di daerah selatan
Singapura dan berada di sebelah timur dari Downtown Core. Teluk Marina
direncanakan menjadi tujuan 24 jam 7 hari seminggu dengan kemungkinan tanpa
batas bagi pengunjungnya untuk "menjelajahi kehidupan baru, pilihan gaya
hidup, bertukar pikiran dan informasi untuk usaha, dan dihibur dengan berbagai
jenis rekreasi dan pengalaman budaya".Di sini terdapat berbagai fasilitas
dan infrastruktur yang inovatif seperti "terowongan infrastruktur
terpadu" dibangun dan aktivitas luar biasa mengambil tempat untuk tampil.
Gambar 1 Tampak Atas Marina Bay
Sumber: en.wikipedia.org
SEJARAH
Pada
tahun 1970-an, reklamasi dilakukan di Teluk Marina, menjadi yang sekarang
adalah daerah Marina Centre dan Marina South. Sewaktu proses reklamasi, daerah
aliran sungai Telok Ayer hilang dari peta, sementara muara Sungai Singapura
kemudian mengalir ke teluk bukan langsung ke laut. Tahun 2008, Marina Barrage
dibangun, mengubah Teluk Marina dan daerah aliran sungai Kallang menjadi
penampungan air tawar di pusat kota (Marina Reservoir), memberikan persediaan
air, mengatur banjir, dan menjadi tempat atraksi baru.
Gambar 2 Marina Bay pada
Pertengahan Tahun 1800-an
Sumber: travel.cnn.com
Gambar 3 Tahapan Reklamasi
Marina Bay dari Tahun 1969
Sumber: timesofmylife.wordpress.com
MASTER PLAN
MARINA BAY
Gambar 4 Masterplan Marina Bay
Sumber: www.marina-bay.sg
Gambar 5 Masterplan Marina Bay
Sumber: www.marina-bay.sg
Master
Plan Teluk Marina menitikberatkan pada kegunaan campuran dari daerah ini,
meliputi daerah komersial, pemukiman, hotel, dan hiburan untuk menjaga agar
daerah ini tetap hidup sepanjang hari. Semua pengembang di daerah ini mempunyai
sasaran promosi yaitu: Penjelajahan (Explore), Pertukaran (Exchange), dan
Hiburan (Entertain):
Explore - Pilihan kehidupan yang baru. Banyak pengembang pemukiman sedang bersaing, termasuk One Shenton dan Marina Bay Residences yang akan melengkapi The Sail @ Marina Bay untuk menyajikan lingkungan tinggal dan kerja yang menyatu di jantung kota.
Explore - Pilihan kehidupan yang baru. Banyak pengembang pemukiman sedang bersaing, termasuk One Shenton dan Marina Bay Residences yang akan melengkapi The Sail @ Marina Bay untuk menyajikan lingkungan tinggal dan kerja yang menyatu di jantung kota.
Gambar 6 The Sail @ Marina Bay
Sumber: www.thesail.com.sg
Exchange -
Pertemuan bisnis global. Jika selesai, Teluk Marina akan memiliki dua kali
lipat luasan kantor untuk jasa keuangan yang ada saat ini, mendatang akan
mengukuhkan Singapura sebagai salah satu pusat keuangan Asia terkemuka. Akan
tersedia 2,82 juta meter persegi ruang kantor, setara dengan ruang perkantoran
di pusat bisnis Hong Kong, yaitu Central.
Gambar 7 One Raffles Quay
Sumber: en.wikipedia.org
Entertain -
Pelengkap semua aktivitas. Tahun 2010 dengan dibukanya Marina Bay Sands
Integrated Resort telah menyediakan lebih banyak pilihan hiburan di daerah ini,
bersama-sama dengan tempat hiburan dan belanja yang sudah ada seperti
Esplanade, Suntec City, Marina Square, Raffles City Shopping Centre.
Pemerintah
Singapura juga menghabiskan S$35 juta atau sekitar Rp.2,275 triliun[3] untuk
menyelesaikan tempat pejalan kaki sekeliling Teluk Marina (Waterfront Promenade)
sepanjang 3,5 kilometer. Termasuk pusat wisatawan ramah lingkungan dan The
Helix yang menghubungkan Bayfront ke Marina Centre tempat Youth Olympic Park
terletak. The Promontory @ Marina Bay (dahulu lokasi Central Promontory) akan
digunakan sebagai tempat acara sementara dan ruang publik untuk kegiatan
seperti teater dan karnaval.
Gambar 8 Marina Bay Sands
Integrated Resort
Sumber: wall.alphacoders.com
PENGGUNAAN
WATERFRONT
Gambar 9 Penggunaan Waterfront
Sumber: Singapore: Design
Guidelines for an Urban Waterfront (1991)
Penggunakan
waterfront yang disarankan dalam rangka mengembangkan potensi waterfront Marina
Bay, meliputi:
1. Museum maritim
mengambang dianjurkan di Telok Ayer Basin untuk memisahkan pusat komersial dari
CBD. Ini akan menjadi objek wisata menarik untuk pengunjung serta dapat
dijadikan sebagai pusat pendidikan untuk mengajar masyarakat tentang waterfront
di Singapura.
2. Amfiteater
waterfront dan 'panggung terapung' akan memfasilitasi konser outdoor dan bioskop
dan membantu untuk mempromosikan penggunaan waterfront di waktu malam.
3. Taksi air dan
kapal sungai yang biasa disebut 'tongkang' dapat menyediakan akses ke area pengembangan
waterfront lainnya. Lokasi ini juga harus mudah dicapai dari stasiun MRT Marina
Bay.
4. Transportasi
air untuk kapal pesiar yang tidak dapat berlabuh di perairan dangkal teluk bisa
ditampung.
5. Kolam renang
dan tempat mengapungkan perahu mainan yang aman direkomendasikan bagi anak-anak
agar dapat dekat dengan tepi pantai dan terlibat dalam kegiatan yang
berhubungan dengan air.
6. Air mancur
dalam bebagai bentuk dan ukuran dapat dijadikan sebagai focal point atau
kejutan yang menyenangkan di kawasan yang sepi. Hal ini dapat menegaskan tema
air dari Marina Bay sekaligus sebagai perayaan pengguaan air di tempat ini.
Kegunaan yang berhubungan
dengan air lainnya yang dapat dikembangkan adalah:
1. Restoran mengambang
2. Marina dan
rumah perahu masyarakat
3. Fasilitas
untuk perahu dayung dan perahu baris
4. Dermaga
memancing
5. Balapan perahu
naga tahunan
KEGIATAN DI
MARINA BAY
Peresmian
Singapore Grand Prix diadakan pada 28 September 2008 di sirkuit jalanan di sisi
Teluk Marina. Ini menjadi Grand Prix F1 yang pertama yang diadakan malam hari,
dengan jalur seluruhnya diterangi lampu. Sejak awal mula, The Float@Marina Bay
sudah menjadi tempat kegiatan seperti Parade Hari Kemerdekaan, acara memasuki
tahun baru, Pesta Kembang Api Singapura, selain sebagai tempat memuaskan
penggemar balapan di Grand Prix F1 Singapura. Stadion mengambang terbesar di
dunia juga menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade Remaja
Singapura 2010.
Gambar 10 Marina Bay Street
Circuit H-2 Balapan Tahun 2008
Sumber: en.wikipedia.org
Gambar 11 Lokasi The
Float@Marina Bay
Sumber: en.wikipedia.org
Gambar 12 Singapore's 42nd
National Day Parade Diadakan di The
Float@Marina Bay
Sumber: en.wikipedia.org
INFRASTRUKTUR
Terowongan Infrastruktur Terpadu
Singapura
adalah negara Asia kedua setelah Jepang yang membangun sistem Terowongan
Infrastruktur Terpadu (atau dalam istilah bahasa Inggris "common service
tunnel") untuk menyatukan seluruh keperluan utilitas pembangunan dan
pengembangan Teluk Marina. Jaringan itu meliputi, pipa air bersih, listrik,
telekomunikasi, dan berbagai keperluan layanan bawah tanah. Terowongan ini
tidak hanya meningkatkan keandalan pasokan layanan tapi juga memudahkan
pemasangan dan pemeliharaan jaringan baru, juga terdapat layanan cadangan 100% untuk
dikembangkan pada keperluan perubahan utilitas.
Gambar 13 Common Service Tunnel
Sumber: soonliheng.com.sg
Pengelolaan Air
Pada 2004,
Badan Layanan Masyarakat (Public Utilities Board) mengumumkan rencana
pembangunan tempat cadangan air pusat kota dengan membenduk Kanal Marina.
Pembangunan selesai pada 2008 dan dikenal sebagai Marina Barrage, ini mengubah
Teluk Marina dan daerah aliran sungai Kallang menjadi tempat cadangan air tawar
dengan membatasi transportasi laut dan mengatur kualitas air.
Tempat ini
menjadi tempat cadangan bahan air minum untuk Singapura, juga menjadi tempat
dengan permukaan air yang tenang untuk berbagai kegiatan dan aktivitas di atas
air. Juga menjadi tempat penampungan air untuk menghindarkan daerah Chinatown
banjir.
Gambar 14 Marina Barrage
Sumber: s3.amazonaws.com
Transportasi
Terdapat 5
stasiun MRT yang melayani Teluk Marina: Stasiun MRT City Hall, Raffles Place,
Marina Bay, Promenade dan Esplanade. Pada tahun 2020, Teluk Marina seluas 360
hektare akan menjadi pusat transportasi terpadu dengan jalur rel paling lengkap
di Singapura.Tiga stasiun MRT akan dibuka antara tahun 2012 dan 2014. Tahun
2018 daerah Teluk Marina akan memiliki enam atau lebih stasiun MRT, semuanya
berjarak kurang dari 5 menit antar stasiun. Jalur pejalan kaki yang terpadu
termasuk dengan peneduh, tertutup, bawah tanah, penyeberangan dua tingkat akan
menjamin pejalan kaki dari semua kondisi cuaca dan menghubungkan bangunan serta
stasiun MRT.Di dalam Teluk Marina yang lebih luas, taksi air akan dilipat
gandakan sebagai alternatif jenis transportasi.
Gambar
15 Public Transport & Pedestrian Access
Sumber: marina-bay.sg
Gambar
16 Water Taxi Stop Map
Sumber: marina-bay.sg
FYI tulisan ini dibuat sebagai bahan pembuatan laporan KKL Singapura. Aku yang kebagian membuat content untuk kawasan Marina Bay pun mengerjakan dengan bigini adanya sebelum menyerahkannya kepada Tim Buku yang berwenang mengedit dan melayout.
0 komentar:
Posting Komentar