TOYAMA PREFECTURE

by 6:26 PM 0 komentar
TOYAMA PREFECTURE??? APAAN TUH??? (dengan lengkingan khas Jaja Miharja). Jepang mungkin langsung terlintas di benak kalian ketika nama ini disebutkan, tetapi segenap tanya pasti masih mengumpul dalam dada. Hal tersebut sangat wajar karena sebagian orang di Indonesia masih kurang familiar dengan prefektur yang merupakan pintu ke wilayah Laut Jepang ini. Jadi, daripada ngepoin hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat, mari luangkan waktu sejenak untuk membaca informasi tentang daerah ini karena ada banyak hal menarik yang akan membuat Toyama Prefecture menjadi destinasi yang harus dikunjungi ketika berwisata ke Jepang.
Letak Toyama Prefecture
Toyama Prefecture terletak di pulau Honshu dan beribukota di Kota Toyama. Daerah ini memiliki topografi yang mengesankan karena dikelilingi oleh pegunungan di ketiga sisinya sehingga cocok untuk penggemar wisata alam. Disana mata kalian dijamin akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang megah dan menajubkan. Sementara  hati kalian akan selalu merasa tentram dan tenang. Pokonya di sana-sini serba oke. Sebagai buktinya, berikut ini adalah objek-objek yang mungkin akan membuat kalian enggan pulang:
1. Tateyama Kurobe Alpine Route
Peta Rute Perjalanan
Tateyama Kurobe Alpine Route adalah rute wisata gunung antara Tateyama di Toyama Prefecture dan Omachi di Nagano Prefecture dengan  panjang 37 km. Rute perjalanan yang melintasi pemandangan menakjubkan dari pegunungan Alpen Utara ini dapat ditempuh dengan mengendarai cable car, ropeway dan trolley bus serta berjalan kaki. Hal tersebut dilakukan secara bergantian.
Yukino-ōtani merupakan spot yang paling terkenal pada bulan April hingga Juni karena kalian dapat menikmati dinding salju terbesar sebelum tiba di Murodo. Jangan sampai kalian lupa berkedip karena terpana ya. Di objek ini kalian juga dapat melihat bendungan tertinggi di Jepang, pondok gunung tertua di Jepang dan stasiun kereta api tertinggi di Jepang. Bisa dibayangkan kan betapa serunya kalau bisa berwisata ke objek ini.
Perjalanan dengan Ropeway - View saat Musim Gugur
Kurobe Dam - 
Yukino-ōtani
2. Air Terjun Shomyo
Air Terjun Shomyo - Air Terjun Shomyo & Hannoki
Air terjun Shomyo merupakan air terjun tertinggi di Jepang dengan ketinggian 350 m. Yang menarik dari objek ini adalah ketika salju mencair di musim semi, air terjun Hannoki akan mengalir di samping air terjun Shomyo sehingga keduanya terlihat seperti air terjun kembar. Selain itu, apabila volume air terus meningkat, kadang-kadang menyebabkan air terjun Somen muncul di sebelah kanan air terjun Hannoki dan voila! terciptalah pemandangan yang sangat langka karena terdapat tiga air terjun berdampingan yang mengalir bersamaan.
Objek yang satu ini tidak akan pernah kehilangan pesonanya karena kalian dapat menikmati sisa-sisa salju saat musim semi, tanaman hijau nan subur saat musim panas maupun dedaunan yang cantik saat musim gugur.
3. Mikurigaike
Mikurigaike
Mikurigaike adalah sebuah danau kawah gunung berapi Tateyama. Danau ini tertutup salju hingga Juni, alhasil antara Juli dan Oktober airnya yang biru akan menrefleksikan gunung Tateyama dengan indah. Berbagai tanaman tumbuh di sekitar danau sehingga menjadikan tempat ini sebagai tempat paling indah untuk berjalan-jalan santai di Murodo.
4. Kurobe dan Unazuki
Kurobe dan Unazuki
Kurobe dan Unazuki adalah rel kereta api yang menawarkan perjalanan alam satu arah selama 1 jam dan 20 menit di kereta troli. Pengalaman yang tidak terlupakan akan kalian peroleh saat melalui terowongan dan jembatan dengan suguhan pemandangan hijau di musim gugur, perairan yang jernih di musim panas dan dedauan dengan warna menyala di musim gugur. Kalian dapat beristirahat dan makan di stasiun Kanetsuri dan stasiun Keyakidaira, dimana keduanya memiliki restoran dan toko cenderamata omiyage.
5. Yamabiko Bridge dan Yamabiko Walkway
Yamabiko Bridge dan Yamabiko Walkway
Objek ini adalah tempat terbaik untuk melihat kereta troli melintasi jembatan Yamabiko baru yang berada di atas jurang Kurobe. Jembatan lengkung lain yang dapat kalian lihat adalah jembatan Yamabiko lama yang digunakan untuk mengangkut bahan-bahan konstruksi untuk pembangkit listrik sungai Kurobe. Di tempat ini kalian juga dapat berjalan kaki dengan aman dan nyaman karena disediakan jembatan baja, terowongan dan rel tua. Pokoknya enjoy aja!
6. World Heritage – Ainokura Gassho-style Village
Ainokura Gassho-style Village  
Suasana saat Musim Dingin
Kalian akan merasa seolah-olah mengendarai mesin waktu ke masa lampau Jepang saat berkunjung ke tempat ini karena lingkungan yang indah dan nuansa tradisional yang kental. Spot yang tidak boleh kalian lewatkan adalah area observasi yag berada di ketinggian tertentu sehingga  memungkinkan kalian dapat melihat keindahan Aikura secara keseluruhan. Di daerah ini terdapat bangunan dengan atap jerami yang dikenal sebagai "gassho-style" yang merupakan bentuk yang sangat langka di Jepang. Bahkan saat ini, masih ada 23 bangunan bergaya gassho yang masih berdiri.
7.  World Heritage – Suganuma Gassho-style Village
Suasana saat Malam Musim Dingin - Gokayama Folk Museum 
Suasana saat Musim Gugur
Yang satu ini adalah objek wisata yang tepat bagi kalian yang ingin menyegarkan pikiran dan mencari kedamaian. Di sini kalian tidak hanya dapat menikmati kawasan bergaya tradisional Jepang dengan lingkungan sekitar yang subur tetapi kalian juga dapat menikmati fasilitas yang menawarkan kesempatan untuk merasakan sejarah dan tradisi desa secara langsung.
Desa ini dikelilingi oleh kekayaan alam yang melimpah. Masih ada 9 bangunan bergaya gassho yang aktif sampai sekarang, termasuk Gokayama Folk Museum, tempat dimana kalian dapat merasakan sejarah dan tradisi Gokayama, serta bangunan Ensho-no-Yakata, tempat dimana pengunjung akan dapat memahami arti budaya dan gaya hidup dari nenek moyang orang Jepang.
Alam subur yang mengelilingi, sejarah dan budaya turun-temurun serta sambutan hangat orang-orang yang tinggal di sini akan menarik bagi siapa saja yang berkunjung.
8. Galeri Tulip Tonami
Bangunan Galeri Tulip Tonami
Bunga Tulip - Ice Cream Tulip
Mau melihat tulip? Tidak perlu jauh-jauh ke Belanda karena di Jepang juga ada. Galeri Tulip Tonami terletak di samping sisi timur Taman Tulip Tonami. Museum ini tentunya akan membawa kalian ke dunia tulip. Di luar bangunan kalian dapat berjalan di taman untuk melihat tulip mekar dengan cantik sepanjang tahun atau cukup di teras untuk menikmati bunga-bunga yang berubah secara musiman. Sementara itu, di dalam bangunan terdapat ruang yang dapat digunakan untuk berbagai acara, toko museum, kafe dan fasilitas lainnya. Ada juga area yang memperkenalkan sejarah dan pemeliharaan tulip. Kalau datang kemari jangan lupa mencicipi ice cream tulip berwarna merah muda lho.
9.  Jembatan Shinminato
Jembatan Shinminato
Suasana saat Malam Hari - Ainokaze Promenade
Pada hari yang cerah kalian dapat melihat teluk Toyama, pegunungan berantai Tateyama dan semenanjung Noto dari Jembatan Shinminato. Dari atas jembatan, kalian juga dapat melihat Kaio Maru pertama yang merupakan kapal tinggi yang ditambatkan berdekatan dengan Kaio Maru Park. Total panjang konstruksi jembatan adalah 3,6 km. Jembatan ini bertiang menara setinggi 127 m dan memiliki panjang garis pantai-ke-pantai sebesar 600 m. Jembatan Shinminato merupakan jembatan kabel terbesar di pantai barat Jepang.
Kalian dapat menikmati pemandangan fantastis sambil berkendara di jembatan ataupun memanfaatkan Ainokaze Promenade yang khusus diperuntukkan bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda agar lebih santai.
10.  Toyama Castle Park
Toyama Castle Park
Bunga Sakura yang Tumbuh di Pinggir Sungai Matsukawa
Terletak di pusat Kota Toyama, Toyama Castle Park akan kembali menyajikan pemandangan istimewa dari parit maupun menara Toyama Castle. Kastil yang dikelilingi oleh tanaman hijau subur ini dulunya merupakan kediaman klan Maeda pada periode Edo (1603-1867) dan sekarang telah direnovasi. Toyama Castle Park adalah tempat relaksasi yang populer untuk penduduk setempat dan terkenal dengan bunga sakura yang indah. Pada saat musim semi tiba orang-orang akan berkunjung untuk mengagumi refleksi bunga sakura di air.
11. Fugan Canal Kansui Park

Objek ini adalah sebuah taman yang dikelilingi kanal. Di sini terdapat jembatan Tenmon-kyo yang merupakan simbol taman dan halaman rumput luas yang menyenangkan bagi orang-orang dari segala usia. Yang paling penting, kalian dapat menikmati pelayaran mengesankan di sepanjang kanal. Tempat ini juga dilengkapi kedai kopi Starbucks yang paling indah di dunia dan restoran Perancis bernama La Chance.
Tidak ada salahnya berkunjung ke taman ini saat malam hari karena ada atraksi kembang api dan suasana taman yang diterangi lampu-lampu pasti akan memikat hati kalian.
12. Amaharashi Coast Quasi – National Park
Amaharashi Coast Quasi - National Park
Pemandangan Sun Rise
Pemandangan megah pegunungan Tateyama yang menjulang setinggi 3.000 m di atas teluk Toyama dengan perubahan yang memukau setiap musim dapat kalian nikmati dari pantai ini. Kalian tidak perlu ragu lagi akan keindahan tempatnya. Daerah yang membentang dari pantai Amarashi hingga Matsuda-no-Nagahama di Himi ini telah ditunjuk sebagai salah satu dari 100 pantai terbaik di Jepang karena keindahan pasir putih dan pohon pinusnya.

          Objek wisatanya menarik semua, bukan? Sebenarnya itu hanya sebagian gambaran dari pesona yang dimiliki Toyama Prefecture karena masih ada banyak objek lain yang ideal untuk berwisata. Semoga saja kalian bisa terbantu untuk menentukan tempat tujuan kalian atau akan lebih baik lagi kalau kalian jelajahi semua tempatnya, sebab kalian tidak akan menyesal sama sekali.
            Setelah mengenal objek wisatanya, berikutnya ada list kuliner khas Toyama yang akan membuat kalian ngiler dan ingin segera mencicipi. Ini dia:
1. Sushi Teluk Toyama
Sushi Teluk Toyama
Teluk Toyama menyimpan harta karun sumber daya laut berupa berbagai jenis ikan. Oleh karena itu, sushi ini hanya dibuat dengan bahan-bahan yang masih sangat segar. Dengan biaya ¥ 2.000-3.500, kalian bisa mendapatkan 10 buah sushi terbaik yang terbuat dari ikan lokal segar dan beras Toyama yang lezat.
2. Ramen Hitam Toyama
Ramen Hitam Toyama
Nama ramen ini mie berasal dari bumbu kecap yang kuat hingga membuat kuahnya tampak hitam. Rasa ramen ini tidak seasin yang kalian bayangkan kok. Rasa ramen hitam toyama sebenarnya ringan dan lezat berkat kecap hitam yang resep pembuatannya dirahasiakan serta kaldu ayam dan ikan.
Makanan yang menjadi ramen andalan Toyama Prefecture ini telah menyabet gelar juara selama 3 tahun berturut-turut di Tokyo Ramen Show.
3. Unazuki Tofu Pudding
Unazuki Tofu Pudding
Tofu pudding adalah puding yang terbuat dari susu kedelai. Puding ini menggunakan susu kedelai Enrei pilihan yang berasal dari Toyama dan air murni dari Kurobe sehingga mampu menciptakan rasa yang manis dan tekstur yang lembut saat di mulut.
Produk susu kedelai lain yang harus kalian coba adalah tofu fromage yaitu, cheesecake yang terbuat dari krim keju tebal dan susu kedelai khusus.
4. Takaoka Kakinosyo – Konbu Rice
Takaoka Kakinosyo - Konbu Rice
Konbu rice dibuat dengan tujuan agar orang-orang dapat merasakan budaya kuliner Toyama. Hidangan ini terkenal karena menggunakan rumput laut konbu yang cukup banyak. Bahan utamanya pembuatannya terdiri dari rumput laut konbu dan padi koshihikari yang tumbuh di Toyama. Menu yang cocok disantap saat makan siang dan makan malam ini dapat kalian nikmati dengan harga di bawah ¥ 1.500 di berbagai restoran di kota Takaoka. 
5. Kihei Shoten – Gokayama Tofu
Gokayama Tofu
Gokayama adalah situs warisan dunia yang memegang peran penting dalam melestarikan keberadaan budaya kuliner yang unik dengan produk andalan “gokayama tofu”. Tofu adalah makanan sehat yang terbuat dari kedelai. Kebanyakan tofu bertekstur lembut seperti puding sehingga dapat hancur dengan mudah, namun gokayama tofu memiliki karakteristik keras dan tidak begitu berair. Gokayama tofu selalu diminati karena rasa alami dari kacang kedelai yang masih cukup terasa. Makananan ini cocok dinikmati saat dingin bersama salad maupun pelengkap lain.

             Wah, kalau sudah begini, maka nikmat mana yang dapat kalian dustakan dari Toyama Prefecture? Ayo, tunggu apa lagi? Segera kemasi barang-barang kalian untuk berwisata ke Toyama Prefecture untuk menikmati pemandangan alam, kebudayaan maupun kuliner. 
            Jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk memikirkan bagaimana kalian bisa berangkat karena sudah ada H.I.S, travel agent yang menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata kalian. Terlebih lagi, telah ada kolaborasi antara H.I.S  dengan ANA (All Nippon Airways) yang disebut dengan HAnavi yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan Paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka. Klik disini jika kalian ingin memperoleh informasi melaui akun facebook resmi H.I.S.












Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar